Kamis, 03 Januari 2013

Salam Pramuka

Salam Pramuka.. !!
Kakak-kakak pasti sudah tak asing lagi dengan "SALAM PRAMUKA" kan..? Anggota pramuka mana yang tak tahu tentang SALAM PRAMUKA?? Kakak-kakak juga tahu kan arti dari SALAM PRAMUKA tersebut?
Sekarang kita bahas tentang SALAM itu sendiri. Salam adalah suatu cara yang diberikan seseorang sebagai tanda penghormatan kepada orang lain. Jadi maksud dari salam Pramuka adalah untuk memberikan suatu penghormatan ataupun penghargaan dari satu anggota Pramuka kepada anggota Pramuka lainnya untuk mempererat tali persaudaraan di antara anggota pramuka. Biasanya salam pramuka diberikan dengan memberikan hormat sambil meneriakan “SALAM PRAMUKA” yang diberi salam akan menjawab sengan meneriakan “SALAM!” Sambil menghormat juga. Di dalam Gerakan Pramuka terdapat tiga jenis salam, yaitu :
      1.   Salam Biasa
Salam biasa digunakan dipergunakan apabila seorang pramuka berjumpa dengan pramuka lain, untuk pertama kali atau yang terakhir kali pada hari itu. Siapa yang melihat dulu dialah yang harus memberi salam terlebih dahulu tanpa aba-aba, tidak memandang pangkat, tua maupun muda. Salam tersebut dapat diberikan sambil berjalan, sedang duduk, naik sepeda ataupun kendaraan. Jadi, saat memberikan salam tidak harus berdiri.
Cara memberikan salam adalah dengan mengayunkan tangan ke arah pelipis kanan (sikap hormat). Kelima jari rapat dan lurus dengan lengan ke bawah. Telapak tangan menghadap ke bawah, ujung jari telunjuk menyentuh pelipis. Lengan kanan atas membuat siku-siku pada ketiak. Siku kita agak ke depan sedikit. Jika tangan kanan membawa tongkat , maka tongkat itu diangkat lurus ke atas kira-kira 10 cm. Tangan kiri letakkan merata ke depan dada dengan telapak tangan menghadap bawah dan ujung ibu jari menempel pada tongkat. Jika tangan kanan membawa atau memegang sesuatu, kita boleh hanya kepala saja atau mengucapkan salam ataupun melambaikan tangan kiri.
2.      Salam Hormat
      Yaitu salam yang diberikan kepada seseorang yang kedudukannya lebih tinggi. Cara memberikan salam sama dengan salam biasa tetapi badan harus tegak dengan sikap sempurna.
      Untuk salam hormat diberikan kepada :
           - Bendera kebangsaan ketika dikibarkan atau diturunkan
           - Jenazah yang sedang lewat atau akan dimakamkan
           - Kepala negara atau wakilnya, panglima tinggi, para duta besar, para menteri dan pejabat lainnya
           - Lagu kebangsaan Indonesia Raya

            Jika kebetulan sedang mengerjakan sesuatu,, lalu kita mendengar tanda sang merah outih dikibarkan atau diturunkan, maka kita harus berhenti sebentar dari kesibukan kita, dan segera berdiri tegak di tempat menghadap bendera dan memberi salam hormat mengikuti naik dan turunnya Sang Merah Putih. Lalu jika kita mendengar lagu Indonesia Raya dan ikut menyanyi, maka kita tidak perlu memberi salam hormat.

3. Salam Janji
           Dipergunakan apabila seorang pramuka mendengar temannya mengucapkan Janji Tri Satya. Begitu mendengarkan ucapan "demi kehormatanku aku berjanji......." maka semua Pramuka yang hadir wajib memberikan Salam Janji secara otomatis walaupun tanpa aba-aba.
       Cara memberi salam sama dengan salam hormat. Jika tangan kanan membawa tongkat, maka tongkat itu dipegang tangan kiri dan dimiringkan bagian atasnya ke kiri. Kemudian dengan tangan kanan memberikan salam janji, sesudah selesai kembali memegang tongkat kembali.

Okay, semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita,,
Jangan lupa pula dengan tata pemberian salam pramuka yang terbaru yakni "Setelah pemberian salam diikuti dengan Satu Kali Tepuk Pramuka"


Salam Pramuka..!!
Jayalah Ambalan Arjuna Srikandi..

Satu Pramuka untuk Satu Indonesia



0 komentar:

Posting Komentar