Rabu, 16 Januari 2013

Sanggar Bakti



 SANGGAR GERAKAN PRAMUKA AMBALAN ARJUNA SRIKANDI 040133-040134
PANGKALAN SMA NEGERI 01 NGANTANG.

Salam Pramuka !!!!!!!!!!!!!!
Kakak-kakak mungkin ada yang tahu dimana letak Sanggar Ambalan Arjuna Srikandi ?? Yapz betul banget, letaknya bersebelahan dengan ruang OSIS kita tercinta. Ambalan Arjuna Srikandi sebagai satuan besar pramuka penegak putra dan putri yang bernaung dalam wadah pendidikan formal SMA Negeri 01 Ngantang, telah menunjukkan eksistensinya dalam menjalankan pendidikan kepramukaan sesuai dengan Kepres No.238 tahun 1961 tentang gerakan pramuka, sekaligus Kepres tentang Revitalisasi Gerakan Pramuka. Hal ini terbukti dengan telah adanya kegiatan kepramukaan yang telah diwariskan dan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngantang, serta tidak kalah pentingnya adalah keberadaan SANGGAR.

 Gambar 1.1 Sanggar Tampak Depan

 FUNGSI SANGGAR
Sanggar Ambalan Arjuna Srikandi 40133-040134 pangkalan SMA Negeri 01 Ngantang merupakan Base Camp para Arjuna dan Srikandi dalam melaksanakan setiap kegiatan yang berhubungan langsung dengan penyelenggaraan kegiatan kepramukaan khususnya yang dilaksanakan oleh Dewan Ambalan Arjuna Srikandi. Pada dasarnya ada beberapa manfaat berkenaan dengan keberadaan Sanggar ini diantaranya adalah sebagai berikut         :
  1. Sebagai tempat berkumpul dan memusyawarahkan setiap kegiatan ambalan, baik oleh seluruh anggota ambalan maupun khusus bagi dewan ambalan.
  2. Sebagai tempat menyimpan setiap perlengkapan keadatan dan administrasi gugus depan.
  3. Sebagai identitas keberadaan Gerakan Pramuka khususnya Gugus depan SMA Negeri 01 Ngantang.


Gambar 1.2, 1.3 Sanggar Tampak Dalam  
  • SEJARAH KEBERADAAN SANGGAR
Keberadaan sanggar tidak lepas dari sejarah panjang sampai akhirnya diberi kesempatan untuk menempati lokasi yang strategis itu. Pada awalnya sampai tahun 2005 sebagaimana penulis ketahui belum ada sanggar sebagai markas utama kegiatan Ambalan Arjuna Srikandi walaupun telah berkali-kali mengajukan ke pihak sekolah, namun seiring berjalannya waktu maka sekitar tahun 2006 ruangan yang dulunya Koperasi Siswa ( bertempat di bawah lapangan basket, dan diantara kamar mandi putra dan putri ) dihibahkan oleh sekolah sebagai sanggar pertama Ambalan Arjuna Srikandi. Namun pada awal tahun 2007 sanggar Ambalan Arjuna Srikandi dipindahkan ke ruangan sebelah selatan ruang OSIS bertepatan dengan penerimaan anggota baru angkatan 2007-2008. Sampai sekarangpun sanggar ini masih tetap di ruangan tersebut, tentunya telah melewati berkali-kali perubahan tata ruangan seiring pergantian Dewan Ambalan setiap tahun.
                Hendaknya kita bersyukur telah memiliki Sanggar dengan membiasakan diri merawat dan meramaikan Sanggar Ambalan Arjuna Srikandi sebagai tempat saling Komunikasi, berbagi cerita pengalaman dan Berkumpul setiap waktu. Dan untuk kakak-kakak Alumni silahkan berkunjung ke sanggar AJUSKA Ngantang tentunya di SMA Negeri 01 Ngantang. Baik untuk berbagi pengalaman maupun sekedar berkunjung saja.

Akhirnya marilah kita jaga dan rawat sanggar bakti kita dengan sebaik-baiknya.
Satu Pramuka untuk Satu Indonesia
Salam Pramuka !!!!!!!!!!!!!!

 Gambar 1.4Beberapa Penghuni Sanggar

3 komentar:

  1. Foto nomor 4 gak nguwati kak,......
    ckckkckckckck,

    ( Alumni 2012 )

    BalasHapus
  2. lebih baik pusaka adatnya ditaruh di sebuah tempat (kotak) saja kak, jangan di taruh di atas begitu.
    terima kasih.


    alumni 2008

    BalasHapus
  3. Kakak2 terima kasih atas komentarnya,
    Terima kasih juga atas sarannya, iya mohon maaf karena saat ini perlengkapan sanggar yang masih dalam proses pengajuan, sehingga penataan sanggar akan kami perbaiki,.........

    BalasHapus