Selasa, 01 Januari 2013

PENEMPUHAN DAN PELANTIKAN TEGAK BANTARA 2012

 PENEMPUHAN DAN PELANTIKAN TEGAK BANTARA 2012


Di penghujung akhir tahun 2012 tepatnya di pada hari Rabu s/d Kamis tanggal 26-27 Desember 2012, Pengurus Dewan Ambalan Arjuna Srikandi 040133-040134 pangkalan SMA Negeri 1 Ngantang Kab. Malang melaksanakan kegiatan rutin tahunan yakni pelantikan Tegak Bantara.
Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya ada sesuatu yang baru pada Pelantikan dan Penempuhan kali ini, diantaranya :
  1. Mulai diresmikannya adat ambalan Arjuna Srikandi yang selama beberapa tahun terakhir hilang, meliputi sandi Ambalan, Pusaka ambalan, makanan dan minuman khas ambalan, sekaligus pemangku adat ambalan pertama.
  2. Adanya tamu dari Kwartir Ranting Kecamatan Kasembon dalam rangka latihan bersama, yang diikuti oleh sekitar 25 Pramuka Penegak Putra-Putri dari gugus depan yang berada di wilayah kwartir ranting Kasembon
  3. Berkumpulnya alumnus Ambalan Arjuna Srikandi mulai angkatan 2005 s/d angkatan 2012 sekitar 30 orang lebih ( meskipun banyak sekali yang tidak bisa hadir karena kesibukan )
 Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dibuka oleh Kak Supriyanto, S.Pd selaku pembina PA gugus depan SMA Negeri 1 Ngantang mewakili Kak Agus Sarsilo, S.Pd yang berhalangan hadir.
Kegiatan dilanjutkan dengan materi-materi diataranya Dinamika Kelompok, Materi Kepenegakan, AD ART, Kepemimpinan, NAPZA, dan Sharing dengan para alumnus serta acara di luar ruangan lainnya.
kegiatan ini diikuti oleh sekitar 29 anggota ambalan Arjuna Srikandi dan 2 orang utusan dari utusan gugus depan lainnya.
di akhir kegiatan dilaksanakan upacara pelantikan tegak bantara sekaligus pengenalan adat ambalan Arjuna Srikandi 040133-040134 pangkalan SMA Negeri 1 Ngantang yang juga dipimpin oleh kak Supriyanto, S.Pd


Dengan diadakannya kegiatan ini semoga dapat menjadikan motivasi bagi anggota Ambaan Arjuna Srikandi 040133-040134 pangkalan SMA Negeri 1 Ngantang untuk lebih memotivasi diri guna mempertanggungjawabkan apa yang sudah diraihnya, dan menggapai apa yang dicita-citakan sebagaimana tertera dalam Dasa Dharma dan Tri Satya.

Jayalah Pramukaku !!!!!!
Arjuna Srikandi Satu Pramuka untuk Satu Indonesia.


Pemberian Minuman dan Makanan Adat oleh  Pemangku Adat
Pembacaan Sandi Ambalan oleh Pemangku Adat


Suasana Upacara Pembukaan Penempuhan Tegak Bantara









Pemangku Adat Ambalan Arjuna Srikandi
Peserta Kegiatan Penempuhan Tegak Bantara


4 komentar:

  1. Selamat buat kakak yang sudah dilantik bantara, dan selamat berbakti serta berlatih kembali

    BalasHapus
  2. Kak saya sudah menyelesaikan SKU Bantara, namun karena suatu hal saya tidak bisa mengikuti Penempuhan dan Pelantikan kemarin, apakah saya bisa dilantik taukah harus menunggu tahun depan?
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Anonymous 1. Terima kasih kakak>
    Anonymous 2. Kakak tetap bisa dilantik pada saat latihan rutin setiap hai Sabtu, tentunya dengan persetujuan dari Pembina dan Dewan Ambalan,

    BalasHapus
  4. Iya Kak Terima Kasih

    BalasHapus